Jenis kendaraan yang kami sediakan

Rental Mobil dan Tour Wisata untuk kebutuhan pribadi maupun Perusahaan yang siap memenuhi kebutuhan transport dan wisata anda !
Layanan (drop-jemput), perjalanan dinas , tour wisata, tour even, wedding car, Grup Wisata.
Segala kebutuhan anda akan transportasi siap kami layani dengan dukungan unit armada yang terjamin kenyamanan dan keamanan anda dalam perjalanan.



Tour & travel - Guide information Info & contact order :
Jl. Perintis Kemerdekaan KM 10, - www.https://rentalmobilmakassar.blogspot.com
Makassar,Indonesia - call : 085 342 633 633
- email : sulawesirentcar@gmail.com

Danau Tempe


Rental Mobil Makassar,   Danau Tempe merupakan danau yang terletak di bagian Barat Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Tempe, sekitar 7 km dari Kota Sengkang menuju tepi Sungai Walanae. Dari Kota Makassar dibutuhkan 4-5 Jam perjalanan dari Makassar untuk menuju spot wisata ini.
Danau Tempe yang luasnya sekitar 13.000 hektare ini memiliki spesies ikan air tawar yang jarang ditemui di tempat lain. Hal ini karena danau tersebut terletak di atas lempengan benua Australia dan Asia.Danau ini merupakan salah satu danau tektonik di Indonesia.

Danau-Tempe
image peta sengkang

Danau Tempe diambil dari kata Timpe yang berarti sawah, demikian yang tertulis di atas kertas lontar leluhur Suku Wajo. Tidak ada yang tahu alasan pasti kenapa dinamakan Danau Tempe, mungkin karena di sekitar danau tersebut terdapat persawahan yang subur, dan tentu saja bila waktu kemarau tiba bahkan di pesisir danau tempe ini dijadikan area lapangan sepakbola oleh warga pesisir danau.

Sudah sejak lama Danau Tempe ini terkenal dengan danau penghasil ikan air tawar terbesar di dunia. Suplay ikan air tawar terbesar di Pulau Jawa sempat dikirim dari Danau Tempe ini. Terdapat banyak sekali jenis ikan air tawar di danau ini seperti ikan mas, ikan gabus, lele, bete-bete, bungo, dan jenis ikan lainnya.
Rental-Mobil-Makassar
image perahu danau tempe
Di danau ini kita bisa melihat kepak sayap burung belibis diatas permukaan air yang sedang mencari mangsa ditemani hembusan angin sepoi-sepoi yang akan membuat kita betah menikmati danau yang sangat luas ini. Dan pastinya kita bisa memancing di danau ini.Yang menarik di danau ini adalah pada setiap bulan Agustus diadakan festival laut yang bertujuan untuk menyucikan danau tersebut dengan pemotongan sapi yang dipimpin oleh ketua nelayan setempat. Pada festival ini diadakan beberapa atraksi wisata seperti lomba perahu tradisional, perahu hias, pagelaran musik dan masih banyak lainnya.
Sempurnanya ekosistem dan ketersediaan bahan makanan bagi ikan yang melimpah membuat danau ini menjadi habitat terbaik bagi ikan air tawar tersebut. Danau Tempe sendiri terjadi karena adanya pergeseran lempengan tanah di benua Asia dan Australia yang berkelanjutan yang membuat selat menjadi menyempit dan kemudian mendangkal, dan menyisakan danau-danau sebagai hasil akhir dari proses alam ini.

Rental-Mobil-Murah
image danau tempe
Di sekitar danau terdapat beberapa rumah-rumah penduduk asli suku Wajo yang terlihat seperti terapung. Di atas rumah terapung ini, penduduk Wajo melakukan aktivitasnya sehari-hari seperti mandi, masak, mencuci pakaian dan ada pula yang memelihara ayam dan kucing.

Setiap tanggal 23 Agustus diadakan festival laut di Danau Tempe. Acara pesta ritual nelayan ini disebut Maccera Tappareng atau upacara menyucikan danau yang ditandai dengan pemotongan sapi yang dipimpin oleh seorang ketua nelayan yang diikuti berbagai atraksi wisata yang sangat menarik. Pada hari perayaan Festival Danau Tempe ini, semua peserta upacara Maccera Tappareng memakai baju bodo (pakaian adat orang Bugis). Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi seperti lomba perahu tradisional, lomba perahu hias, lomba permainan rakyat (lomba layang-layang tradisional, pemilihan anak dara dan kallolona Tanah Wajo), lomba menabuh lesung (padendang), pergelaran musik tradisional dan tari bissu yang dibawakan oleh waria, dan berbagai pergelaran tradisional lainnya.

Rental Mobil Makassar

Rent Car & Tour operator :
concat /sms : 085342633633
email : sulawesirentcar@gmail.com

No comments:

Post a Comment